Andy & Lily dari MOLTO

Pernah lihat Commercial Ad "MOLTO Ultra", yg sering tampil di berbagai media? Kenal Icon dari iklan tersebut? Ya... Namanya Andy & Lily.

Kesan pertama Saya saat melihat icon tersebut adalah sebuah karya yang original dan tidak terpikirkan oleh Saya, atau bisa jadi Saya baru melihat jenis iklan yg memakai icon boneka kain seperti itu. Menurut Saya dengan menggunakan Icon Andy & Lily akan sangat membantu untuk lebih meningkatkan brand awareness, dan melakukan pendekatan yang bersahabat dengan audience.



Belum lama ini saya sedang browsing di google untuk melakukan beberapa pencarian. Setelah membuka beberapa halaman, Saya sempat terkejut dengan sebuah poster yang di dalamnya juga terdapat, icon Andy & Lily! Kok Bisa! Bahkan produknya sama-sama pengharum pakaian.

Nama produknya adalah "Comfort". Saya berpikir, apakah CD/AD dari Adv Agencynya (kalo ga salah Ogilvy & Mather) MOLTO sudah kehabisan ide, dan mengambil icon dari produk lain? atau secara kebetulan mereka membeli template icon yang sama di internet? Tapi Saya berpikir lagi, mana mungkin mereka melakukan hal bodoh tanpa pikir panjang, di tambah lagi MOLTO brand yg sudah ternama di bawah naungan Unilever.



Rasa penasaran Saya terus menjadi, dan Saya terus melakukan pencarian di google, dengan mengetikan keyword "Comfort" sempat terkecoh oleh link yg di tampilkan oleh google, karena keyword yg Saya tau hanya "Comfort".

Aha...!! Setelah beberapa halaman, Saya menemukan produk "comfort" yang Saya maksud.

DAN TERNYATA...

Sama-sama produk Unilever juga :P (hahahahaha sial!)

Ternyata Comfort dan Molto itu sama, bedanya nama Comfort untuk di UK, dan MOLTO untuk nama lokal sini. Banyak juga sebenarnya produk Unilever lain yang mempunyai nama berbeda-beda, tergantung region dan negaranya. Dan campaign mereka di seluruh dunia sama materinya, hanya nama saja yang membedakan.

Fiuh...

3 komentar:

Anonymous | June 1, 2009 at 5:43 PM

jadi tertarik menanyakan iklan tim tam sekarang menggunakan konsep baru makanan tapi dikemas konsultasi kecantikan seperti iklan PONDS....
apa iya tim-tam n ponds masih dalam satu gruop perusahaan.
mas Adnan, klo iklan yang sperti itu bisa dimasukan dalam kategori plagiat or ada aturan main lain...
vela_lia_nku@yahoo.co.id

Adnan Ilham Mauludi (Ludi) | June 8, 2009 at 3:28 PM

Wadduh... saya belum lihat tuh, iklan tim tam yg baru :P maap udah jarang nonton tv! hehehe
tapi kalo menurut saya, jika ada kesamaan alur cerita dalam sebuah iklan yang dimana produknya kontras dalam artian sangat berbeda jenis produknya, bisa jadi hanya plesetan, atau memang sengaja menggunakan konsep iklan yang sudah terbukti berhasil menyentuh para audience! kalo menurut saya, selama produknya berbeda sih! sah2 aja, asalkan tidak melanggar aturan2 yang ada!
kalo ga salah Pond's tuh keluaran Unilever juga deh, kategori "personal care brands", kalo Tim Tam kan Arnott's ya.
itu aja sih yang saya tau! jadi pensaran sama iklan tim tam yang baru :P

Salam kenal ya vela! ^_^

Anonymous | July 1, 2009 at 8:58 AM

belum liat mas produk comfort di luar sana. tapi makasih infonya.
salam kenal juga.
*makasih kunjungannya.. :)

Post a Comment