7 Langkah Penting Membuat Logo

Salah satu alat pemasaran yang paling penting adalah sebuah logo yang efektif. Memberikan identitas untuk bisnis atau organisasi tertentu. Logo tidak hanya mengkomunikasikan siapa diri Kita tetapi siapa sebenarnya diri Kita :). Oleh karena itu, setiap bisnis atau organisasi menginginkan sebuah logo yang efektif dan mencerminkan citra yang tepat dari perusahaan tersebut.

Ini adalah 7 Langkah PENTING dalam pembuatan sebuah Logo:

  1. Pertama, karakteristik logo yang efektif adalah, logo yang memiliki dampak langsung. Logo harus menggoda dan menarik perhatian orang. Perhatikan logo Apple Computers, di mana terdapat sebuah gambar apel dengan bergaya gigitan, ini di usung karena Apple Computers memiliki produk dengan pelayanan terbaik untuk para konsumennya. Logo yang Efektif harus dapat menarik perhatian orang.
  2. Selain dampak (impact), logo yang baik, harus enak untuk dilihat. Logo yang efektif harus memiliki tampilan dan sentuhan seni yang baik, namun jika logo tidak enak untuk dilihat, ini akan memberikan dampak yang buruk terhadap citra logo tersebut terutama perusahaannya.
  3. Logo yang baik, harus dapat di aplikasikan/sesuaikan di mana-mana. Dalam setiap bisnis atau organisasi, logo akan di gunakan untuk signage (tanda-tanda) pada bangunan, stationery, promotion tools, dll. Logo juga harus efektif dari sekala terbesar dan akan tetap terlihat/terbaca pada sekala terkecil.
  4. logo harus menimbulkan citra yang positif, ini membawa kita ke karakteristik logo yang efektif. "Branding" ini adalah prinsip umum dalam pemasaran produk agar teridentifikasi dan berkembang menjadi produk dengan citra yang positif dan baik.
  5. Karakteristik yang lain adalah, logo yang akurat akan mewakili organisasi atau bisnis. Jika perusahaan atau organisasi ingin terlihat serius, mempunyai citra yang profesional, maka logo pun harus terlihat profesional. Jadi sesuaikan logo dengan citra perusahaan tersebut.
  6. Logo terbaik adalah logo yang paling mengesankan. Logo Apple Computer "Apple" dan Logo McDonald's Hamburgers "golden arches" adalah beberapa contoh logo terbaik. Mereka menciptakan dan mebuat citra yang mengesankan.
  7. Sebuah logo mengidentifikasi bisnis atau organisasi sehingga akan kontraproduktif untuk mengubahnya (Re-Brand). Masih ingat dengan penjelasan tentang "Branding" di awal artikel ini? Perusahaan yang telah menginvestasikan sejumlah uang, waktu, dan upaya untuk mendirikan "brand/merek" tidak sering mengubahnya untuk sebuah alasan. Pastikan logo akan selalu "timeless/abadi" untuk alasan yang tepat.
Selanjutnya, terserah Aja deh! :)

Beberapa contoh logo terbaik , yang Saya kira pantas untuk di abadikan atau bahkan sudah abadi di dalam otak Kita semua.




DOWNLOAD THIS LOGOS IN VECTOR/Ai FORMAT


2 komentar:

Maulana Evans Kal El | May 14, 2009 at 4:57 PM

lud gw copy paste ye....
abis kl di baca di sini ga konsen....
hehehehehe....
over all, lu ga pernah abis2 untuk nyiptain or nyari sesuatu....
keep do thats bro.......

Adnan Ilham Mauludi (Ludi) | May 14, 2009 at 5:02 PM

Thx Bro!

Post a Comment